INFO&TIPS

5 Manfaat Makanan Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Makanan pahit seperti pare, daun pepaya, kale dan sebagainya sering dihindari oleh banyak orang. Kebanyakan orang tidak menyukai makanan yang rasanya pahit karena memang sulit untuk diterima lidah.

Padahal di balik rasa pahit tersebut tersimpan segudang manfaat yang baik bagi tubuh lho. Nah, Penasaran kan apa saja sih manfaat dari makanan yang rasanya pahit ini?

Nah untuk lebih jelasnya yuk kita simak apa saja sih manfaat dari makanan yang kebanyakan orang ,enggan untuk memakannya.

1. Mengandung banyak nutrisi

Makanan yang memiliki rasa pahit mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, K dan A serta mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Sayuran pahit juga kaya serat, dan folat, namun rendah sodium dan lemak.

2. Mengurangi kecanduan gula

Makanan berasa pahit berfungsi untuk membersihkan tubuh dari racun dan menekan nafsu makan seseorang terhadap asupan yang manis. Makan yang mengandung banyak gula atau manis dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, terutama jika memiliki masalah dengan gula darah.

Nah makanan pahit akan mengeluarkan semua lemak dan menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga direkomendasikan untuk para penderita diabetes.

3. Detoksifikasi hati

Rasa yang pahit dapat membantu meningkatkan sistem kerja hati, empedu dan melancarkan sistem pencernaan saat menyerap semua nutrisi yang terdapat di dalam makanan. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit akibat radikal bebas.

Tak hanya itu saja, rasa pahit dapat mengatur kadar kolesterol supaya tetap stabil sehingga berguna untuk menyeimbangkan hormon, mendetoksifikasi darah dan membakar lemak menjadi energi.

4. Menangkal pertumbuhan sel kanker

Nah perempuan sangat rentan terserang kanker, terutama ketika sudah memasuki masa menopause. Jaringan kanker akan secara mudah menjalar ke dalam tubuh karena faktor hormonal. Untuk meminimalkan risiko tersebut salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki rasa pahit.

Makanan pahit yang mengandung sulforaphane dan acetogenin bermanfaat membunuh jaringan atau sel jahat di dalam tubuh, termasuk kanker. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri memasukkan makanan pahit dalam menu harian kan?

 5. Kesehatan kulit

Sebagian besar orang yang terkena diabetes memiliki darah manis sehingga membuatnya mudah mengalami luka dan sulit hilang. Nah, makanan pahit ini mampu mengubah darah yang manis menjadi lebih encer dan tidak menggumpal.

Hal ini akan memberikan efek baik bagi kulit, di antaranya mempercepat proses penyembuhan luka, menghilangkan bekas jerawat dan regenerasi kulit baru.

Berbagai manfaat makanan pahit di atas semoga menjadi salah satu alasan yang baik untuk tetap menyukai dan mengkonsumsinya ya.

 

sumber: akurat.co

Related posts

Wah Ternyata Ini Keunggulan Olahan Rendang

hera wati

Wow, Bawang Putih Panggang Sangat Berkhasiat

hera wati

Rasa Cemas Bisa di Hilangkan lho Dengan Makanan ini

hera wati